Ruangguru Gelar Uji Coba UN Berbasis Android di SMAN 5 Palangka Raya

Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 kian dekat. Berbagai persiapan sekolah untuk menghadapinya pun terus digiatkan. Salah satunya adalah dengan menggelar uji coba (try out) untuk para siswanya, baik yang diselenggarakan oleh sekolah maupun dengan kerja sama dengan pihak lain.

Seperti hal hari ini Selasa, 28 Januari 2020. Uji coba UN Berbasis Android digelar di aula SMAN 5 Palangka Raya. Kali ini, Ruangguru Bimbel Online, yakni sebuah perusahaan yang bergerak di bidang layanan dan produk pendidikan berbasis teknologi hadir langsung memberikan layanan uji coba UN secara gratis. Lebih dari 200 siswa kelas XII dari kelompok peminatan MIPA, IPS, dan IBB pun mengikuti kegiatan yang dipusatkan di aula sekolah.

Tim dari Ruangguru Bimbel Online, yaitu Ririn Marlita, S.Pd., Eka Novianti, S.Pd., Iin Muyasarah, S.E., dan Nashrotusy Syafa’ati, S.Pd. membimbing langsung penggunaan aplikasi android, termasuk juga dengan laptop dalam menyelesaikan soal-soal uji coba UN ini. Tampak para siswa berusaha serius untuk mengikuti tahapan dan menyelesaikan soal-soal yang cukup membuat kening berkerut. Meski telah diberikan sosialisasi sebelumnya, tampaknya sedikit kendala tetap saja terjadi. Namun, hal itu tidak sampai menghambat kegiatan yang berlangsung dalam empat sesi.

“Lelah juga kami seharian mengikuti uji coba untuk mata pelajaran yang di-UN-kan. Sesi pertama mata pelajaran Matematika, sesi kedua mata pelajaran Bahasa Indonesia, sesi ketiga mata pelajaran Bahasa Inggris, dan sesi keempat satu mata pelajaran peminatan. Semua soal yang berjumlah 40 atau 50 tiap mata pelajaran berbentuk pilihan ganda, jadi tinggal memilih opsi jawaban A, B, C, D, atau E. Mudah-mudahan ini bisa membuat kami sebagai siswa kelas XII untuk menghadapi UNBK yang sebenarnya pada bulan Maret nanti,” tutur Beti Maharani, siswi kelas XII MIPA.

Dari pantauan di aula tampak siswa diarahkan untuk mengikuti semua sesi uji coba UN dengan sungguh-sungguh. Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. M. Ramli, M.Pd., melalui Wakasek Kurikulum, Dra. Yumiasi Tara, M.Si. mengimbau agar siswa fokus mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh.

“Meskipun UN tidak menjadi penentu kelulusan, tetapi tetap menjadi bagian penting untuk kesiapan siswa mengikuti studi lanjutan. Siswa harus siap menghadapi UN. Oleh karena itu, uji coba dan pemantapan menghadapinya harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Hasilnya bisa menjadi bagian dari tolok ukur keberhasilan akademik dalam menggapai visi dan misi sekolah,” katanya memotivasi para siswa yang duduk lesehan di aula. (L.J.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *