Tatkala Kadisdik Jadi Pembina Upacara di Sekolah

Senin pagi, 13 Januari 2020. Pelaksana Tugas Kadisdik Provinsi Kalimantan Tengah, Dr. H. Mofit Saptono hadir ke SMAN 5 Palangka Raya. Kehadirannya ke sekolah ini bersama rombongan, di antaranya, Kabid Pembinaan SMA, Drs. Eliberson dan beberapa stafnya.

Mofit pun berkesempatan menjadi pembina upacara. Dalam amanatnya, ia menyampaikan pesan-pesan edukasi yang perlu dicermati dan dilaksanakan.

“semua unsur di satuan pendidikan harus saling mendukung. Sinergisitas antara kepala sekolah, guru, siswa dan unsur lain harus terjalin dengan baik untuk mencapai tujuan yang telah diprogramkan. Kita berharap sekolah ini terus dan akan lebih berkontribusi bagi pembangunan di Kalimantan Tengah yang kita cintai ini,” tuturnya di hadapan 700-an siswa sekolah yang berposisi di Jalan Tingang Km 3,5 ini. Di barisan yang lain, kepala sekolah, Drs. M.Ramli, M.Pd dan puluhan tenaga pendidik dan kependidikan menyimak dengan saksama.

Mofit mengingatkan bahwa ujian nasional untuk siswa kelas XII telah kian dekat. Meski ini bisa jadi UN tahun terakhir, persiapan untuk menghadapinya harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Apalagi, setelah UN tentu siswa juga bersiap untuk melanjutkan pendidikan.

“Siapkan juga diri kalian untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri yang hanya mampu rata-rata menampung 35% lulusan SLTA setiap tahunnya. Dengan persiapan yang matang dan benar serta optimisme yang tinggi, tentu peluang untuk meraih kursi PTN lebih terbuka,” katanya memotivasi.

Berkenaan dengan itu, para pendidik diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja membimbing siswa. Situasi mendatang yang penuh tantangan menghendaki kita siap menghadapi persaingan secara sportif dan menjadi pemenang. Informasi dari kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) harus dipahami dan ditindaklanjuti dengan baik.

“Silakan kepala sekolah dan para guru untuk tetap bersemangat dan terus bekerja ikhlas penuh motivasi. Bimbing siswa dengan tulus dan disiplin serta kreatif agar siap menghadapi tantangan.”

“Terakhir pesan untuk kalian para siswa. Kalian mesti waspada terhadap penyalahgunaan narkoba, minuman keras, dan obat-obatan terlarang. Jauhi dan hindari hal itu agar senantiasa sehat dan tidak terpengaruh hal-hal negatif yang menyertainya.”

Usai upacara, Mofit menyerahkan bingkisan kejutan untuk sekolah yang diberikan melalui siswa yang bertugas sebagai pemimpin upacara. Penyerahan piala dari beberapa lomba yang diikuti siswa di luar sekolah juga berlangsung oleh kepala sekolah dan pejabat struktural yang hadir bersama Kadisdik.(L.J.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *