Dua guru SMAN 5 Palangka Raya Raih Juara Lomba Pidato HGN 2019 di LPMP

Hari Guru Nasional (HGN) ke-74 pada Senin, 25 November 2019 mencatatkan berkah spesial untuk SMAN 5 Palangka Raya. Dua guru dari sekolah yang terletak di Jalan Tingang Km 3,5 ini berhasil meraih juara 1 dan 2 Lomba Pidato Hari Guru Nasional (HGN) 2019 yang diselenggarakan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimatan Tengah. Dua guru itu adalah Lukman Juhara yang meraih juara 1 dan Endar Priyo Sulistiyo yang memperoleh juara 2.

Dalam lomba yang bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kreativitas guru itu keduanya telah tampil berpidato pada Rabu, 20 November 2019. Begitu pula rekan-rekan guru peserta dari beberapa SD, SMP/MTs, SMA, dan SMK se-Kota Palangka Raya. Semangat, antusiasme, dan sportivitas serta saling mendukung tampak dalam setiap giliran peserta tampil berpidato di depan dewan juri.

Ada tiga tema yang disediakan panitia untuk dipilih oleh peserta. Tema-tema itu adalah Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan dan Pembelajaran, Peran Guru dalam Mempersiapkan Peserta Didik menghadapi Era Industri 4.0, dan Peran dan Komitmen Guru dalam Memenuhi Delapan Standar Pendidikan.

“Semua peserta tampil prima dengan gaya dan karakter suara, ekspresi, gesture, dan kepercayaan diri masing-masing. Saya memilih tema Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Alhamdulilah, saya dan rekan saya satu sekolah mendapat keberuntungan menjadi pemenang. Mudah-mudahan ini pengalaman yang saling menginspirasi untuk lebih menguatkan pendidikan karakter bagi siswa di sekolah di tengah berbagai tantangan,” tutur Lukman di samping rekan-rekan guru usai upacara dan menerima hadiah pembinaan.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. M. Ramli, M.Pd., mengapresiasi partisipasi dan prestasi para pendidik binaannya. Ia mendukung sepenuhnya para guru untuk terus meningkatkan kinerja secara kompak dan kreatif serta terus mengembangkan diri dan siswanya.

“Selamat. Mari terus aktif berkreativitas, kompak, dan saling menginspirasi dengan kerja sama yang baik. Mudah-mudahan ini bisa memotivasi untuk terus melakukan yang terbaik serta menguatkan karakter kita. Mari kita jadikan peringatan Hari Guru Nasional 2019 sebagai pemicu untuk maju bersama hebat semua,” tuturnya. (L.J.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *