SMAN 5 Raih Prestasi Lomba Minat Baca Dispursip

Oleh: Aprilia Wulandari Boru Hutajulu, siswi Kelas XI IBB

Palangka Raya – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Daerah Provinsi Kalimantan Tengah kembali menggelar agenda tahunan, yaitu Lomba Minat Baca dan Bazar Buku Murah yang rutin digelar setiap tahunnya.

Tahun 2019 ini pelaksanaan agenda tersebut tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Pembukaan Bazar Buku Murah dilaksanakan bersamaan dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang Lomba Minat Baca yang telah diselenggarakan sebelumnya.

Selain mengadakan Bazar Buku Murah, Dispursip Provinsi Kalteng juga menggelar Lomba Minat Baca bagi siswa SMA/SMK/MA di Kota Palangka Raya pada tanggal 30 November dan 2 Desember 2019.

Dalam agenda Lomba Minat Baca ini, terdapat tiga macam lomba yang dilaksanakan, yaitu Lomba Penulisan Sinopsis, Lomba Cipta dan Baca Puisi, dan Lomba Pidato dalam Bahasa Inggris. Tema masing-masing lomba, yaitu B5 (Buku, Buka, Baca, Budaya, untuk Berhasil) untuk Lomba Cipta dan Baca Puisi dan tema Literacy for Prosperity untuk Lomba Pidato, sedangkan buku fiksi sebagai bahan acuan dalam Lomba Penulisan Sinopsis.

Para siswa yang dimotivasi guru pembimbing begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Tercatat ada 33 peserta yang mengikuti Lomba Puisi, 18 orang peserta Lomba Pidato, dan 30 peserta Lomba Sinopsis.

Dalam acara puncak pelaksanaan Lomba Minat Baca, para pemenang dari ketiga cabang lomba pun diumumkan pada Senin, 2 Desember 2019. Beberapa siswa SMAN 5 Palangka Raya pun turut berhasil menjadi juara meskipun tidak meraih juara pertama. Mereka adalah Selpi Handayani juara 2 Lomba Penulisan Sinopsis, Aprilia Wulandari Boru Hutajulu juara 2 Lomba Cipta dan Baca Puisi, Jeany Claudia juara harapan 2 Lomba Penulisan Sinopsis, dan Anggraini Aprilia juara 3 Lomba Pidato dalam Bahasa Inggris.

Anggraini Aprilia, peraih juara 3 Lomba Pidato mengungkapkan kebahagiaannya ketika berhasil memperoleh prestasinya.

“Kalau ditanya bagaimana perasaan saya mengikuti lomba ini, ya tentu ada rasa gugup. Karena kebetulan pelaksanaan Lomba Pidato di panggung yang ada di area parkir halaman Dispursip. Jadi, ada banyak masyarakat umum yang melirik ke arah area lomba karena pelaksanaannya pun menggunakan pelantang yang suaranya sampai ke jalan raya dan sekitarnya. Namun, saya dan peserta lain tetap memaksimalkan rasa percaya diri. Dan inilah hasilnya dan sangat bersyukur,” tuturnya didampingi guru pembimbing, Tisia Pratiwi, S.Pd.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Dra. Susana Ria Aden, menyampaikan harapannya, agar kegiatan yang digelar oleh instansinya dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis guna pembudayaan literasi.

“Kami berharap dengan adanya agenda ini, adik-adik peserta lomba sekalian semakin giat berliterasi dan kelak bisa menjadi penulis Kalteng yang disegani,” katanya.

Pihaknya pun berharap agar ke depannya agenda ini bisa terus terlaksana sebagai upaya penggerakan budaya literasi.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *