SMAN 5 Palangka Raya Raih Juara 2 Festival Musikalisasi Puisi

Kembali SMAN 5 Palangka Raya menorehkan prestasinya. Kali ini dalam Festival Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA/SMK se-Kalimantan Tengah yang diselenggarakan Balai Bahasa tanggal 31 Juli—1 Agustus 2019. Meskipun hanya meraih juara 2, tim musikalisasi sekolah ini yang beranggotakan enam siswa di bawah bimbingan guru pendamping, yakni Gerhard Gere, S.Pd., Ika Saktila M. Odas, M.Pd. dan Yuseftu Leluno, M.Pd. ini tetap bersyukur dan harus mendapat sambutan yang apresiatif.

Upaya serius dan sungguh-sungguh dalam berlatih tentu sudah dilakukan untuk memaksimalkan performansi dalam ajang tahunan yang cukup bergengsi ini. Tim yang beranggotakan Pry Andriawan, Indah Restuati, dan empat rekannya berhasil melewati babak penyisihan dan masuk final dalam festival yang bertema “Melalui Festival Musikalisasi Puisi Kita Tingkatkan Dinamika Pemuda dalam Memantapkan Eksistensi Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Milenial”. Di bawah dukungan puluhan rekan satu sekolah, mereka tampil memukau membawakan puisi wajib “Kupanggil Namamu” karya W.S. Rendra dan puisi pilihan “Lagu dalam Hujan” karya Abdul Hadi W.M. Aplaus dan sorak paling heboh dan menggelora pun memenuhi aula Balai Bahasa usai mereka menuntaskan penampilannya. Suguhan musikalisasi puisi modern yang dibungkus khas etnik yang memikat. Kostum dan alat musik tradisional serta modern dengan nuansa kearifan lokal lainnya berpadu dalam kreativitas tampak memikat perhatian dewan juri dan para hadirin.

Syukur tentu ditunjukkan tim SMAN 5 Palangka Raya yang berhasil meraih juara II. Beberapa sekolah lain yang meraih juara adalah sebagai berikut. Peraih juara I adalah SMA Golden Christian School Palangka Raya. Juara III diperoleh SMAN 2 Palangka Raya. Sementara itu, juara harapan I adalah SMAN 1 Katingan Hilir, juara harapan II SMAN 4 Palangka Raya, dan juara harapan III SMAN 3 Palangka Raya. Gempita gembira tampak pada wajah para pemenang saat menerima hadiah berupa trofi, sertifikat, dan sejumlah uang pembinaan.

“Ya, meski hanya meraih juara 2 kita tetap bersyukur. Kita sudah berlatih dan bekerja keras untuk meraih yang terbaik. Mudah-mudahan hasil ini membangkitkan semangat berprestasi lebih baik lagi pada waktu mendatang. Semoga ini turut semakin menguatkan komitmen sekolah untuk lebih memberikan perhatian kepada berbagai kegiatan siswa untuk lebih berprestasi,” tutur Ika Saktila M. Odas, M.Pd., salah satu guru pembimbing yang setia mendampingi siswanya sampai akhir kegiatan.

Tentu terus-menerus Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin, mengapresiasi prestasi para siswanya. Baginya, merupakan anugerah yang harus disyukuri serta harus terus ditingkatkan prestasi sekolahnya.

“Kita selalu memotivasi kegiatan para siswa untuk mengikut kegiatan yang positif dan menghasilkan prestasi. Kita yakin, jika para guru dan siswa mau bekerja dan belajar dengan sungguh-sungguh, prestasi terbaik akan dapat kita raih,” katanya penuh optimisme. Sukses! (L.J.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *