Juara II PCTA, Prestasi SMAN 5 Palangka Raya Bertambah

SMAN 5 Palangka Raya terus menambah catatan prestasinya dari waktu ke waktu. Berbagai kompetisi dan lomba telah diikutinya. Salah satunya yang baru berlangsung pada Selasa, 30 Juli 2019, yakni ajang Parade Cinta Tanah Air (PCTA) yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan RI Provinsi Kalimantan Tengah, di Palangka Raya. Ajang yang bertema “Mewujudkan Semangat Generasi Muda yang Cinta Tanah Air dan Bela Negara sebagai Modal Dasar Penggerak Industri Kreatif” pun turut menambah catatan prestasi.

Juara II PCTA Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pun diraih tim PCTA sekolah ini yang beranggotakan Andreas Lorenzius dan Maria Paruna Shintani.

“Dalam PCTA ini selain ditanamkan rasa cinta tanah air dan bela negara, kami diajak untuk berpikir tentang pemanfaatan teknologi dan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kami juga mempelajari Sumber Daya Alam (SDA) di Kalteng. Kami juga belajar kearifan lokal dengan membuat serum wajah lidah buaya dan ekstrak daun kalakai. Kami senang dapat mengikuti lomba ini dan dapat memberikan prestasi untuk sekolah. Terima kasih kami ucapkan untuk guru pembimbing yang telah mengarahkan kami untuk belajar dan berprestasi,” tutur Andreas, siswa kelas XII IPS berkaca mata ini.

Guru Pembimbing, Sumiati, S.Pd., juga menyatakan syukur dan gembiranya atas prestasi yang diperoleh siswanya. Menurutnya, upaya sungguh-sungguh untuk sukses dalam PCTA telah dilakukan bersama-sama dengan penuh semangat. Babak penyisihan dan babak final yang diikuti oleh para peserta dari kabupaten/kota telah berhasil dilaluinya dan juara II pun telah diraihnya.

“Kita sudah berusaha untuk meraih yang terbaik meskipun hasilnya kita belum meraih posisi yang pertama. Tentu kita hargai prestasi siswa kita. Hal utama dalam PCTA ini adalah penguatan karakter, salah satunya karakter nasionalisme. Berprestasi memang perlu, tetapi penguatan karakter itu lebih utama,” tutur guru pengampu mata pelajaran PPKn ini.

Sementara itu, bagi Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin, kesempatan berprestasi dan menguatkan karakter terbuka seluas-luasnya untuk para peserta didik. Sekolah selalu memberikan dukungan motivasi tanpa henti.

“Mari kita terus dukung para siswa untuk terus mengukir prestasi, baik di tingkat kota, provinsi, hingga nasional. Jangan pernah menyerah. Dana boleh terbatas, tetapi semangat belajar dan kerja keras harus teratas. Mari kita maju bersama karena dengan maju bersama kita akan hebat semua,” katanya penuh motivasi. (L.J.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *