Perkemahan Blok di SMAN 5 Palangka Raya: Penguatan Karakter melalui Pendidikan Kepramukaan

Setelah beberapa hari mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), siswa baru SMAN 5 Palangka Raya mengikuti perkemahan blok. Kegiatan ini juga berlangsung di lingkungan sekolah. Jumat, 19 Juli 2019, Kegiatan Perkemahan Blok untuk 215 siswa kelas X Tahun Pelajaran 2019/2020 pun digelar.

Pembukaan berlangsung di halaman sekolah. Kepala SMAN 5 Palangka Raya sekaligus Ketua Mabigus 227—228, Drs. H. Arbusin, bertindak sebagai Pembina upacara.

Amanat pun disampaikannya di hadapan para siswa berseragam lengkap. Tak tertinggal, para guru pun turut menyimaknya.

“Perkemahan Blok ini merupakan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang harus diikuti oleh seluruh siswa. Ini juga sesuai dengan amanat implementasi Kurikulum 2013. Kegaitan ini akan berlangsung dua hari, yakni Jumat dan Sabtu. Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa sebagai anggota Pramuka dapat lebih menghayati dan mengamalkan dan melaksanakan Dasa Darma dan Tri Satya sehingga memiliki karakter yang kuat.

Arbusin mengajak para siswa dapat bersikap dan berbuat yang terbaik dan memberikan yang terbaik untuk sekolah. Siswa harus menaati tata tertib, melaksanakan kewajiban, belajar dengan sungguh-sungguh, dan berusaha untuk meraih prestasi terbaik. Sekolah ini membuka kesempatan kepada para siswa untuk belajar dan mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan. Jadi, peluang memberikan yang terbaik untuk sekolah harus benar-benar dimanfaatkan.

Hal lain yang mesti diwaspadai—Arbusin mengingatkan—adalah pengaruh negatif yang berasal dari lingkungan dan media sosial. Para siswa harus meninggalkan kebiasaan berkumpul atau nongkrong yang negatif dan tidak produktif. Nongkrong di pinggir jalan atau di mana saja yang memberikan potensi pengaruh buruk harus dijauhi. Saat ini peredaran narkoba dan minuman keras mengancam generasi muda, termasuk para siswa. Oleh karena itu, para siswa harus membentengi diri dengan karakter yang kuat.

Berlanjut usai pembukaan, beragam kegiatan perkemahan blok pun bergulir. Tercatat dalam jadwal para pembina sekaligus narasumber silih berganti memaparkan materi dan memandu kegiatan, seperti Implementasi Kepramukaan dalam Kurikulum 2013 (Dra. Yumiasi Tara, M.Si.), Muatan Pendidikan Kepramukaan (I Wayan Muliana, S.Pd.), Sejarah dan Teknik Kepramukaan (Yuseftu Leluno, M.Pd.) Aneka kegiatan yang menarik keterlibatan peserta pun berlangsung pula, seperti Lomba Memasak, Api Unggun, dan Pentas Seni. Tentu kegiatan permainan aktivitas kepramukaan, Lomba Cepat Tepat, Latihan Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) juga akan mengundang minat para peserta untuk berpartisipasi aktif. Salam Pramuka! (L.J.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *