Selamat Datang di Website SMAN 5 Palangka Raya, Sekolah Rintisan Model Berbasis ICT "Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalimantan Tengah"
Juara Umum Pramuka Tingkat Kota Palangkaraya
Lomba Pramuka yang diselenggarakan di SMA Negeri 4 Palangkaraya diikuti oleh siswa - siswi SMA Negeri 5 Palangkaraya yang diwakili 2 sangga putra dan putri yang dilaksanakan pada tanggal 19 - 23 Februari 2014. berbagai kegiatan yang dilaksanakan antara lain Baris berbaris, pionering, Survival, pengembaraan, Morse dll, menghasilkan juara umum dan mampu mempertahankan gelar juara umum yang telah ditorehkan oleh siswa - siswi sebelumnya pada tahun 2012/2013. Maju terus siswa siswi SMAN 5 Palangkaraya, torehkan prestasi sebanyak mungkin
PCTA(Parade Cinta Tanah Air) Tingkat Nasional
Pada awalnya mendapat informasi tentang lomba PCTA (Parade Cinta Tanah Air) dari korem XII Tanjungpura,dan mendapat informasi lomba tersebut 2 hari sebelum lomba dimulai, dalam persiapan yang mepet mereka di bina oleh ibu Sumiati S.Pd yang memilih tiga siswa yaitu Rini Novianti Permata, Thio Sampana Ajie, San Krispriadai Sinaga sebagai perwakilan dari SMA 5 . Saat mengikuti lomba PCTA di korem, pada babak penyisihan kami mendapat peringkat 2, begitu juga pada saat babak semifinal namun, pada saat final mereka juara pertama, sebagai juara pertama akan mewakili Kalimantan tengah di tingkat nasional dengan begitu kami mewakili kalteng untuk berlomba lagi di tingkat nasional. Senin 5 November team berangkat ke Jakarta,sesampainya di Jakarta di sambut oleh tim panitia PCTA di bandara Soekarno Hatta dan telah disiapkan penginapan yaitu di Desa Wisata TMII, pada 6 November mereka mengikuti Lomba PCTA yang berlangsung di Kementerian Pertahanan, sebelum lomba di mulai seluruh peserta mengikuti acara penyambutan oleh Menteri Pertahanan,dalam acara penyambutan tersebut di iringi ondel-odel dan musik Rampak Gendang. Semua tim dari 33 provinsi menyampaikan argument-argumen yang bagus dan uji argumen pun berlangsung dengan sangat sengit, namun hasil akhirnya siswa SMAN-5 Palangkaraya mendapat peringkat 19 dari 33 provinsi, peringkat yang lumayan walaupun mereka tidak berhasil membawa nama Kalimantan tengah ke babak final. Pada 7 November kami melakukan kunjungan wisata ke museum Gajah,Monas,Dufan Ancol dan kunjungan ke Indo Defence Expo 2012, setelah itu kami kembali kepenginapan di Grand City Hotel, dan pada tanggal 8 Nopember 2012 kami kembali ke provinsi ke Palangkaraya. Harapan ke depan pada tahun depan SMAN-5 Palangkaraya dapat mewakili Kalteng lagi dan mendapat hasil yang lebih baik lagi.
Juara III Bridge Tingkat Provinsi Kal-Teng
Siswa SMAN-5 Palangkaray kembali mengukir prestasi dibidang non-akademik, hal ini dengan dibuktikan dengan diraihnya juara III dalam \"kejuaraan Bridge tingkat Provinsi Kalimantan Tengah kategori Pelajar\" yang diselenggarakan oleh GABSI ( Gabungan Bridge Seluruh Indonesia). Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 4 Nopember 2012 di Gedung Betang Eka Tingang Nganderang, yang beralamat di Jalan D.I Panjaitan Palangkaraya. Siswa yang mewakili sekolah adalah Petra Nugra Sukaria dan Marthin yang saat ini merupakan siswa kelas XII Ipa-1, Sebenarnya persiapan yang dilakukan dianggap kurang maksimal karena surat pemberitahuan lomba datang 1 minggu sebelum lomba sehingga siswa harus berlatih sendiri di asrama setelah proses seluruh kegiatan belajar selesai dan waktu untuk berlatihpun terbatas karena siswa wajib menyelesaikan seluruh jadwal yang sudah ditentukan oleh sekolah, namun dengan persiapan seadanya dan kurang maksimal tapi ternyata itu tidak membuat semangat mereka down yang akhirnya siswa SMAN-5 Palangkaraya berhasil menyabet juara III kejuaraan Bridge Tingkat Provinsi Kal-Teng. Semoga di waktu yang akan datang siswa dapat meningkatkan prestasinya dibidang ini sehingga kelak akan menjadi yang terbaik.
Olimpiade Biologi Tingkat SMA / MA
Olimpiade Biologi tingkat SMA / MA sekota Palangkaraya ini dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 13 Oktober 2012 dari pukul 07.00 hingga selesai, yang bertempat di Aula STAIN Palangkaraya. SMA Negeri 5 mengirim perwakilan sebanyak 5 orang terdiri dari 2 orang kelas X, dan 3 orang kelas XI dan dari perwakilan yang dikirimkan 1 orang kelas X yaitu dari X-1 atas nama Reinhart Pasaribu berhasil meraih juara III pada kegiatan lomba olimpiade Biologi tingkat SMA / MA sekota Palangkaraya. Ini adalah prestasi yang membawa nama baik sekolah dan semoga prestasi ini akan semakin meningkat dimasa yang akan datang
Reading Story Competition
Lomba Reading Story Competition di laksanakan pada tanggal 10 oktober 2012 yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadyah Palangkaraya, siswa SMAN 5 palangkaraya bernama Yosua divers mendapatkan Juara 3, dan siswi atas nama Fitria Abiba mendapatkan Juara Harapan 1
Paskibraka Nasional 2012
Siswa kelas X ( Sepuluh ) bernama Efraim Adven mewakili SMA Negeri 5 Palangkaraya untuk mengikuti Paskibraka tingkat Nasional 2012 mewakili kalimantan Tengah yang sebelumnya telah melalui berbagai tes tingkat propinsi yang akhirnya siswa SMA Negeri 5 yang terpilih mewakili kalimantan Tengah. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan Paskibraka tingkat Nasinal yang dimulai dari tanggal 16 Juni s/d 18 Agustus 2012, kegiatan pelatihan PASKINAS ini meliputi Latihan Baris Berbaris, Latihan Formasi, Latihan Pengibaran dan penurunan, selain itu ada meteri pendidikan Nasionalisme, sejarah Merah Putih, Sejarah Kemerdekaan Indonesia. Dari berbagai latihan yang dilakukan hingga penentuan tugas dari para PASKINAS pad tanggal 17 agustus 2012 yang akhirnya siswa kami mendapat tugas sebagai Komandan Pasukan 17 Penurunan Sang Saka Merah Putih tahun 2012 dengan baik dan merupakan Paskibraka termuda dari peserta seluruh Indonesia. Prestasi yang diraih sangat membanggakan bagi sekolah SMA Negeri 5 Palangkaraya khususnya dan Propinsi Kalimantan Tengah umumnya, semoga prestasi tak henti-hentinya ditorehkan oleh seluruh siswa - siswi SMA Negeri 5 Palangkaraya yang akan datang.
Siswi SMAN-5 Palangkaraya Akan Mengikuti “National English Olympiad 2011” Di Malang
Diva Justicia, siswi kelas XI IPA-1 SMA Negeri 5 Palangkaraya akan mengikuti Olimpiade Bahasa Inggris Nasional yang akan diadakan tanggal 29 Oktober tahun 2011 untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Malang. Kesempatan ini didapat setelah berhasil menjadi juara berdasarkan nilai tertinggi dalam penilaian oleh dewan juri. Lomba tersebut merupakan putaran penyisihan pendahuluan (preliminary rounds) yang di laksanakan pada tanggal 15 Oktober 2011 lalu di aula BAPELKES Palangkaraya. Olimpiade bahasa inggris ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang yang terhimpun dalam komunitas yang bernama “LEGATO” bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris Universitas Palangkaraya. Adapun proses seleksi dilaksanakan secara regional yang diikuti oleh beberapa sekolah yang ada di Kalimantan Tengah. Putaran penyisihan (Preliminary Rounds) dilaksanakan dalam satu hari ini dibagi dalam dua babak. Apabila para peserta berhasil melewati babak pertama mereka berhak mengikuti babak kedua. Peserta yang berhasil terpilih sebagai juara adalah peserta yang mampu melewati babak pertama dan kedua dengan perolehan nilai tertinggi. SMA Negeri 5 Palangkaraya berupaya melakukan pembinaan intensif pada siswi yang terpilih guna memperoleh hasil maksimal. Kolaborasi pembinaan yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris , yakni Mirazulhaidi S.Pd dan Elmalia Tara, M.Si diharapkan menjadi bagian strategi guna menghasilkan peserta yang mampu berprestasi pada tingkat nasional, mengharumkan nama sekolah dan Kalimantan Tengah.