Selamat Datang di Website SMAN 5 Palangka Raya, Sekolah Rintisan Model Berbasis ICT "Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalimantan Tengah"
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
No Poles setup.
Statistik
  Visitors : 469503 visitors
  Hits : 18584 hits
  Today : 1 users
  Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

btkipsuport@yahoo.com    
Agenda
19 June 2018
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7

SMAN 5 PALANGKA RAYA GELAR PERKEMAHAN JUMAT SABTU

Tanggal : 08/18/2016, 23:21:48, dibaca 668 kali.

Permendikbud No. 63 Tahun 2014 telah mengamanatkan bahwa Pendidikan Kepramukann pada Kurikulum 2013 wajib diikuti oleh seluruh siswa. Salah satu bentuk bentuk pendidikan kepramukaan itu adalah model blok. Sebagai wujud implementasi amanat itu, Gugus Depan 227—228 Taruna Tingang Utama SMAN 5 Palangka Raya menggelar Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa). Kegiatan yang dipusatkan di halaman sekolah ini diikuti oleh seluruh anggota pramuka yang merupakan siswa di sekolah yang berposisi di Jalan Tingang Km 3,5 ini.

Meski Jumat pagi, 5 Agustus 2016 ini dirintiki gerimis, upacara pembukaan tetap berlangsung tertib dan khidmat. Pembina Pramuka, dewan guru, dan para siswa dengan seragam lengkap berbaris rapi dalam suasana pagi yang disejuki mendung.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya sekaligus Ketua Mabigus, Drs. Arbusin, memberikan sejumlah amanat saat pembukaan. Ia berharap para siswa sebagai anggota Pramuka harus benar-benar mengamalkan dasa darma dan tri satya.

“Sebagai anggota Pramuka kalian harus sungguh-sungguh berjiwa Pramuka. Kalian harus berkepribadian mulia dan bisa memberikan keteladanan. Kukuhkan nilai-nilai positif dan tinggalkan hal-hal yang negatif. Salah satu hal negatif yang marak saat ini adalah penyalahgunaan Narkoba. Jangan pernah mendekati dan mencoba benda itu, baik sebagai pemakai, pengedar, apalagi sebagai bandar. Sekali terjerumus ke dalam penyalahggunaan Narkoba, kalian àkan mudah terpengaruh hal-hal negatif yang lain. Oleh karena itu, kalian sebagai anggota Pramuka harus menghindari segala bentuk penyalahgunaan Narkoba!” tegasnya.

Menyinggung tentang kegiatan kepramukaan, menurutnya kegiàtan ini sebenarnya sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Saat itu dikenal dengan nama kepanduan. Salah satu tokoh kepanduan itu adalah Jenderal Soedirman. Ia adalah pejuang kemerdekaan sekaligus panglima besar dan jenderal pertama di republik ini.

“Mari teladani karakter beliau. Tanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Warisi semangat dan kepribadiannya dengan penuh keikhlasan untuk mengisi kemerdekaan Indonesià yang kini memasuki tahun ke-71,” pesannya di atas podium di hadapan para peserta upacara pembukaan.

Sementara itu, beberapa kegiatan perkemahan model blok yang akan berlangsung selama dua hari ini adalah pemaparan materi kepramukaan K-13 dan aktivitas luar ruang. Malam hari akan disemarakkan dengan api unggun dan kreasi Pramuka. Ini akan dilengkapi dengan penjelajahan malam yang mengikuti rute tertentu. Selanjutnya, pada Sabtu pagi akan digelar senam pagi dan Latihan Kerapian Baris Berbaris (LKBB). Sebelum ditutup, acara akan diakhiri dengan operasi semut—operasi kebersihan—dan bongkar lipat tenda. (L.J.)



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : sewa mobil< -  [w@gw.com]  Tanggal : 17/01/2017
Wah jadi kangen pas masa sekolah dulu sering ikut kemah pas kegiatan pramuka. Tapi sekarang udah lulus dan kerja di salah satu perusahaan sewa mobil jadi enggak bisa nikmatin saat-saat seperti dulu lagi deh

Pengirim : domino qq -  [ajobet@gmail.com]  Tanggal : 07/12/2016
Sebagai anggota Pramuka kalian harus sungguh-sungguh berjiwa Pramuka


   Kembali ke Atas