Selamat Datang di Website SMAN 5 Palangka Raya, Sekolah Rintisan Model Berbasis ICT "Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalimantan Tengah"
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
No Poles setup.
Statistik
  Visitors : 394555 visitors
  Hits : 28253 hits
  Today : 1 users
  Online : 1 users
:: Kontak Admin ::

btkipsuport@yahoo.com    
Agenda
24 January 2018
M
S
S
R
K
J
S
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

MENGOBARKAN SEMANGAT BERBAKTI MELALUI PERKEMAHAN BAKTI

Tanggal : 03/01/2016, 07:52:40, dibaca 527 kali.

Sabtu menyusul Minggu, 27—28 Februari 2016, nyala api unggun seperti menghangatkan malam yang berbalut warna mendung. Bahkan, semangat pun seperti terbangkitkan oleh kobaran yang mampu mengenyahkan virus kantuk yang mengintai. Kobaran itu terus menaklukkan tumpukan kayu setengah kering yang bertahan dalam kebasahan guyuran minyak tanah. Nyalanya seolah membangkitkan semangat sekitar 365 siswa berseragam Pramuka lengkap. Mereka berlingkar dalam barisan yang padu. Mereka berkreasi, bernyanyi, dan menari.

Pada kesenyapan tengah malam yang menurunkan embun, mereka beriring tegap menembus dingin menempuh rute. Mengukuhkan lingkaran di Bundaran Besar. Hening dalam renungan suci. Mereka mengobarkan semangat berbakti, berintrospeksi, dan menakar diri.

Apa yang kita lihat? Benar! Rupanya SMAN 5 Palangka Raya menggelar Perkemahan Bakti Sabtu Malam Minggu. Kegiatan yang melibatkan seluruh anggota Pramuka dan para Pembina di lingkungan sekolah ini sekaligus diikuti pelantikan Penegak Bantara dan Pramuka Penegak Laksana. Acara ini merupakan salah satu program kerja sekolah dan Ambalan Gusus Depan 227-228 Taruna Tingang Utama 2016.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. Arbusin, selaku Majelis Pembina Gugus (Mabigus) bertindak langsung sebagai pembina upacar, sebelumnya telah membuka kegiatan pada pagi hari dan menyampaikan amanat di hadapan semua anggota Pramuka dan para Pembina, seperti Yuseftu Lelono, M.Pd., Savera Mongi, S.Pd., Christina Nopriani, S.Pd., Yuyun Hendrati, S.Kom, dan Fransiska Yeni, S.Pd.

“Saya ingin kegiatan ini menjadi tonggak bagi kita untuk melaknakan dasa darma. Mari kita wujudkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, di asrama, di dalam masyarakat, dan di mana saja berada. Pramuka harus menjadi teladan yang baik dalam kedisiplinan, kejujuran, kepedulian, dan keberanian. Seluruh siswa harus bisa bekerja sama dengan baik. Kakak-kakak kelas harus bisa menjad pengasuh dan pembimbing yang baik dan dicintai adik-adiknya. Sebaliknya, adik-adiknya harus bisa mencontoh yang positif dan berani serta tegas menolak sesuatu yang negatif,” katanya tegas.

Lebih lanjut kepala sekolah menegaskan bahwa ekstrakurikuler Pramuka yang merupakan ekskul wajib dalam implementasi Kurikulum 2013. Ini adalah bagian dari upaya menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Oleh karena itu, seluruh siswa wajib mengikuti kegiatan Pramuka tanpa terkecuali.

“Kurikulum 2013 mengamanatkan bahwa pendidikan kepramukaan ditetapkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib. Hal ini mengandung makna bahwa pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang secara sistematis diperankan sebagai wahana penguatan untuk mewujudkan dan keterampilan melalui pengembangan sikap dan kecakapan dalam pendidikan kepramukaan. Dengan demikian, pencapaian Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1), Sikap Sosial (KI-2), dan Keterampilan (KI-3) memperoleh penguatan bermakna melalui fasilitasi pendidikan kepramukaan di lingkungan satuan pendidikan. Nah, sekolah kita sebagai pelaksana K-13 tentu saja mewajibkan seluruh siswa menjadi anggota Pramuka yang aktif,” tandasnya di halaman sekolah.

Usai pembukaan, tampak kesibukan dan kecerian segera mengikuti. Mereka mendirikan tenda, pionering menara pandang, jembatan darurat, dan tiang bendera serta unjuk berbagai keterampilan kepramukaan di seputar halaman sekolah. Dengan terampil dan bersemangat mereka bekerja cekatan seperti berlomba untuk menampilkan hasil terbaik. Mereka bekerja sama satu sama lain dengan penuh kegembiraan. Semoga, jiwa pramuka selalu bisa diwujudkan dalam kehidupan para generasi muda ini. (L.J).



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas